Img BPPTSP Kendari Layani 35-50 Izin Perhari

BPPTSP Kendari Layani 35-50 Izin Perhari

Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) dan Penanaman Modal Daerah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara memberi pelayanan perizinan rata-rata 35-50 orang dalam satu hari.

"Antusiasme warga Kota Kendari, terkait urusan perizinan baik itu isin usaha industri (IUI), surat izin tempat usa (SITU), SIUP, izin usaha apotik, toko obat, rumah makan serta izin retribusi lainnya mendapat respon positif karena urusannya cepat dan tranparan," ujar Kepala Badan PPTSP Kota Kendari, Yan Bella di Kendari, Senin.

Menurut Yan Bella, dengan keberadaan kantor PPTSP yang peresmiannya oleh Wali Kota Kendari Asrun pada Maret 2015 itu merupakan satu-satunya kantor perizinan pertama dan terbaik di Sulawesi Tenggara.

"Di Indonesia hanya ada 56 kabupaten/kota yang terbaik memiliki kantor/badan perizinan, satu diantaranya berada di Sultra," kata Yan Bella.

Dia mengatakan, kantor PPTSP di kawasan perkantoran Bumi Praja II Anduonohu Kendari itu bertujuan untuk mempermudah dan memperpendek urusan administrasi bagi setiap warga yang akan mengurus izin.

"Jadi keberadaan kantor perizinan ini adalah memang di desain untuk memberikan pelayanan maksimal pada warga yang mengurus izin," ujarnya.

Selama belum ada kantor baru ini, sering dikeluhkan masyarakat yang dianggap tidak layak karena tempat parkir yang tidak ada pada saat masih di gedung lama di kantor wali kota, namun dengan kantor baru layanannya sudah lebih leluasa dan lebih aman. Apalagi bila masyarakat akan melakukan transaksi keuangan di dalam kantor itu juga sudah ada Bank Sultra untuk urusan bayar membayar.

Salah seorang warga kota Kendari, Ruslan (34) yang mengaku sedang mengurus izin perpanjangan usaha penjualan sembilan bahan pokok (Sembako) mengatakan dengan keberadaan kantor terpadu ini urusannya lebih cepat, mudah dan transparan.

"Kalau dulu, mengurus perpanjangan SITU biasanya beberapa hari baru bisa selesai dengan berbagai alasan, namun saat ini bila kelengkapan administrasinya lengkap prosesnya bisa hanya 1-2 jam saja sudah selesai," ujarnya.  

Komentar